MELUPAKAN APA YANG TELAH DIBELAKANGKU

MELUPAKAN APA YANG TELAH DIBELAKANGKU

 Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku (FILIPI 3:13)

Paulus berkata: “Aku melupakan apa yg telah dibelakangku.” Banyak orang tidak dapat melepaskan diri dari ingatan yg buruk maupun dosa masa lalu.  “Melupakan” (Inggris : forgetting; Yunani: epilanthanomenos | ἐπιλανθανόμενος) di sini adalah Paulus menjadikan lupa atau dengan sengaja tidak mengingat-ingat apa yang telah terjadi di dalam hidupnya di masa-masa sebelumnya dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapannya.

Paulus melupakan apa yang dipandangnya ‘dung‘ (kotoran, tahi hewan – kotoran yang terkait dengan hewan), Lembaga Alkitab Indonesia menterjemahkan ini ‘sampah‘ (ay 8). Jadi yang dimaksudkan oleh Rasul Paulus ialah cukuplah terwakili dengan kata ‘kotoran’. Dulunya ia memandang yang disebutnya ‘kotoran’ itu merupakan keuntungan” (ay 7). Namun dari kekiniannya, apa yang merupakan keuntungan itu, “sekarang kuanggap rugi” (ay 7). Mengapa rugi? Karena pada masa hidupnya saat itu Paulus baru dapat melihat bahwa apa yang dipandangnya adalah keuntungan ternyata adalah “kotoran”, maka ia pun melihatnya sebagai kerugian.

Masa lalunya dianggap kotor, ketika Paulus telah mencapai titik pengertian tentang kebenaran yang sesungguhnya (ay 16) dan ketika Paulus juga telah menemukan bahwa kebenaran tidak terletak pada tindakan ketaatan akan hukum Taurat (ay 9). Maka ia menemukan bahwa Kebenaran yang hakiki adalah kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan kepada Kristus (ay 9).

Pengenalan akan Tuhan memiliki nilai yang lebih tinggi dari pencapain yang ada di dunia ini. Bersyukurlah setiap orang yang sudah mengenal Kristus dalam dirinya, karena Pengenalan akan Kristus keuntungan yang tidak dapat dinilai sebab mengandung Kerajaan Sorga.

MELUPAKAN APA YANG ADA DIBELAKANG DAN MENGARAHKAN PANDANGAN KEDEPAN YANG PENUH HARAPAN

Pdm. Freddy Siagian, M.Th.,M.M.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*