IMAN YANG MENGALAHKAN DUNIA

IMAN YANG MENGALAHKAN DUNIA (1 YOHANES 5:1-5)

Sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita. (Ay 4).

GPM 25 Nop 2018PENDAHULUAN: Seringkali kita heran melihat jika ada orang Kristen yang luar biasa baik dalam karier, ekonomi bahkan pemakaian Tuhan dalam hidupnya. Sebenarnya jika itupun terjadi itu adalah hal hal wajar, sebab Allah telah merancangkan hal yang luar biasa bagi kita (Yeremia 29:11). Justru, seharusnya hal yang tidak wajar ialah, jika terjadi kehancuran, rumah tangga yang tidak harmonis, pelayanan yang amburadul kepada orang percaya.

Dari pembacaan ayat tersebut di atas, kita melihat ada Iman yang mengalahkan dunia (IMAN VS DUNIA). Sebelum kita melihat bagaimana iman yang mengalahkan dunia, sebaiknya kita mempelacari “dunia” yang dimaksud. Dalam 1 Yohanes 2:16: Dunia itu berbicara: “Keinginan daging, keinginan mata, keangkuhan hidup”. 

  • KEINGINAN DAGING. Dalam Gal 5:19-21 dijelaskan berbagai macam keinginan daging. Keinginan daging ialah: rupa-rupa keinginan yang berasal dari tubuh kita, dimana hal itu sangat berpotensi untuk membuat kita jatuh ke dalam dosa. Contohnya: 1). IMAM ELI (1 Samuel 2:11-17); Anak-anak Imam Eli dikuasai oleh keinginan daging. Mereka memakan yang tidak haknya, yang mana lemak itu seharusnya dipersembahkan untuk dibakar. 2). SIMSON DAN DELILA (HAK 13-17): Kekuatan Simson punah dikarenakan keinginan daging, ingin tidur bersama Delila. Demikian juga halnya dengan 3). DAUD dan BATSYEBA istri Uria (2 Samuel 11): Oleh karena keinginan daging, ingin tidur bersama Batsyeba, maka Daud merancangkan ingin mencelakai Uria. Keinginan daging adalah maut (Roma 8:6), dan keinginan daging adalah perseteruan dengan Allah (Roma 8:7-8)
  • KEINGINAN MATA. Dalam Amsal 27:20: “Dunia orang mati dan kebinasaan tak akan puas, demikianlah mata manusia tak akan puas”. Mata diciptakan untuk memandang ciptaan Tuhan, tetapi dengan mata kita juga bisa terjerumus dalam dosa. Ada Pepatah mengatakan: “Mata adalah jendela hati kita boleh bercermin dari mata” Artinya apa yang dirasakan hati kita tercermin dari mata”. dan “Dari Mata turun ke hati”, artinya: dari mata boleh menyampaikan keinginannya kepada hati. Seperti Contoh: Jika kita pergi ke Mall. Rencana tadi hanya melihat-lihat barang-barang discon atau ingin membeli sesuatu. ehhh, karena ada yang menarik dimata, padahal itu bukan kebutuhan bisa jadi dibeli sekalipun harus pakai mengutang atau Kartu kredit. Contoh dalam Alkitab: 1). DAUD berjinah dengan Batsyeba dikarenakan pandangan mata. Ketika Daud naik ke soto rumah, ia melihat Batsyeba mandi. 2). Raja Ahab VS Nabot: Ketika Nabot menolak raja Ahab ingin menguasai milik kebun anggur Nabot karena itu milik pusakanya. Namun isteri raja Ahab, Izebel menyuruh untuk membunuh Nabot (1 Raja 21).
  • KEANGKUHAN HIDUP. Dalam Amsal 8:13: ” Aku benci kepada kesombongan, kecongkakan,…” Angkuh sinonim dari kesombongan dan kecongkakan. artinya: menghargai diri sendiri secara berlebihan dan memandang orang lain lebih rendah dari dirinya sendiri. Keangkuhan ini dapat membutakan rohani kita, yang membuat kita lupa bahwa semuanya yang kita miliki adalah semata-mata berkat dari Tuhan. Dalam Amsal 6:16-17: “Angkuh / sombong salah satu dari 7 yang dibenci Tuhan. Mata sombong  ‘english: Proud Look”.

BAGAIMANA IMAN YANG MENGALAHKAN DUNIA?

  1. Iman atau Percaya bahwa Yesus adalah Kristus, Anak Allah (ay 1 dan 5). Yesus adalah Nama Manusia sedangkan Kristus adalah Yang diurapi (Iman, Raja dan Nabi). Dalam Yohanes 16:33: “…..Aku telah mengalahkan dunia”. Percaya Yesus berarti mengasihi Yesus (ay 2). Jika saudara rindu menjadi pemenang yang dapat mengalahkan dunia ( 1Yoh 2:16), pergunakanlah iman dalam nama Tuhan Yesus Kristus.
  2. Lahir dari Allah (Ay 1 b). LAhir dari Allah artinya hidup yang diperbaharui oleh Tuhan Yesus / hidup yang dilahirkan kembali (Yoh 3:7). Lahir kembali bukan reinkarnasi, tetapi meninggalkan kehidpan lama dan hidup dalam kehidupan baru. 1 Yohanes 5:18: “setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi”.
  3. Melakukan Perintah-perintahNya (ay 2 dan 3). Iman yang mengalahkan dunia yang terakhir ialah melakukan perintah-perintahNya. Sebelum melakukan perintahNya seharusnya kita sudah melakukan poin 1 dan 2. Melakukan perintahNya ialah hidup dalam ketaatan atau berpadanan dengan Firman Tuhan. Dalam ay 3 dikatakan: “PerintahNya tidak berat”. Sebenarnya melakukan perintah Tuhan atau Firman Tuhan itu tidak berat. Yang membuatnya berat karena kita tidak percaya Tuhan Yesus dengan benar, tidak lahir dari Allah (lahir baru). Contohnya: Bagi orang yang sudah dipulihkan Tuhan mengampuni itu tidak berat, memberikan perpuluhan itu tidaklah berat. Karena dia beriman apa yang dia lakukan itu semua untuk Tuhan dan karena iman. Yakobus 2:22 : “Iman bekerjasama dengan perbuatan” dan ay 27: ” Jika iman tidak disertai dengan perbuatan maka iman itu pada hakekatnya mati”.

KESIMPULAN: Iman yang mengalahkan dunia (“Keinginan daging, keinginan mata, keangkuhan hidup”). adalah iman yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, Anak Allah, Lahir dari Allah, melakukan Perintah-perintahNya. Tidak ada masalah yang ada di dunia ini yang tidak bisa dikalahkan oleh Iman kepada Tuhan Yesus,s ebab Tuhan Yesus pencipta dan penguasa atas dunia ini. Tuhan Yesus memberkati.

Pdm. Freddy Siagian, M.Th.,M.M.

GPM 25 Nop

One thought on “IMAN YANG MENGALAHKAN DUNIA

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*