MAKNA PASKAH BAGI ORANG KRISTEN

MAKNA PASKA BAGI ORANG KRISTEN

Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu masih hidup dalam dosamu. Demikianlah binasa juga orang-orang yang mati dalam Kristus. Jikalau kita hanya dalam hidup ini saja menaruh pengharapan pada Kristus, maka kita adalah orang-orang yang paling malang dari segala manusia. Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal.( I Korintus 15:17-20).

PENDAHULUAN:

Paskah adalah K28 April (1)ebangkitan Kristus. Paskah ini essensi dari Kekristenan, sebab tanpa ada kebangkitan sia-sia kita menjadi orang percaya. Namun, sungguh benar bahwa Yesus telah bangkit dari maut dan terbukti kubur kosong dan dengan penampakanNya kepada murid-muridNya.

APAKAH MAKNAH PASKAH BAGI KRISTEN?

  1. PASKAH ADALAH PENGGENAPAN. Sekitar 700 tahun sebelumnya,  Nabi Yesaya sudah menubuatkan akan kelahiran dan kematianNya (Yes 53:7-8). Ia terputus dari negeri orang-orang hidup = Yesus mati karena dosa-dosa kita. Hamba Tuhan = Kristus (Kis 8:32-35) dan Kebangkitan Kristus Kis 2:20-32. Jadi Paskah adalah penggenapan atas nubuatan-nubuatan PL tentang Yesus yang menderita, mati dan dibangkitkan kembali.
  2. PASKAH ADALAH PENGAMPUNAN. Pada Saat Perjamuan Terakhir dengan murid-muridNya dimana Anggur dilambangkan dengan DarahNya ; pengampunan dosa bagi banyak orang (Matius 27:27-28). Darah Perjanjian: artinya Yesus sedang mentahbiskan Perjanjian baru yang berbeda dengan Perjanjian Lama (PL: Darah Domba, PB: Darah Yesus sendiri). PL: Pengampunan dosa melalui persembahan korban anak domba dan PB; Pengampunan dosa melalui pengorbanan darah Yesus di kayu salib. Paskah adalah Pengampunan dosa umat manusia yang percaya atas pengorbanan Kristus di kayu salib.
  3. PASKAH ADALAH PEMULIHAN. Ketika Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa semua manusia berdosa (Roma 3:23). Artinya hubungan manusia dengan Allah rusak. Yesus mati di kayu salib untuk mendamaikan kita dengan Allah (Roma 3:25). Artinya: KamatianNYa di Kayu salib hubungan kita dipulihkan kembali. Paskah adalah Pemulihan hubungan Allah dengan manusia.
  4. PASKAH ADALAH KEMENANGAN. Melalui kematian dan kebangkitanNya, maka kuasa iblis telah dihancurkan. Kej 3:15; Keturunan Perempuan (Hawa) yakni Yesus Kristus, akan meremukkan kepala iblis. Hal tersebut digenapi saat kematianNya (Ibr.2:14). Malalui Paskah (Kematian dan KebangkitanNya), maka kuasa iblis telah dilucuti (Kol 2:15), dan kematiannya telah dikalahkan (1 Kor.15:53-57). Jadi Paskah adalah Kemenangan bagi kita yang percaya.
  5. PASKAH ADALAH HIDUP BARU. Melalui kamatian dan KebangkitanNya  kita menjadi HIDUP BARU (Roma 6:4). Kematian dan KebangkitanNya = Baptisan Kematian ; Terhadap Dosa dan Kebangkitan; Kehidupan yang baru (Rom 6:11-13). Jadi Paskah adalah Kehidupan yang baru di dalam Tuhan.

Melalui Perayaan Paskah, marilah kita maknai bahwa Paskah ini sesuatu yang penting bagi kita, sebab melalui Paskah ada Penggenapan, ada Pengampunan, ada Pemulihan, ada Kemenangan dab menjadikan kita Hiduo baru. Selamat Paskah Tuhan Yesus Memberkati. haleluya. Amin.

Pdm. Freddy Siagian, M.Th.,M.M.

Dokumentasi: Minggu, 28 April 2019

Kotbah Power Poin Download: MAKNA PASKAH BAGI ORANG KRISTEN

28 April (2) 28 April (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*