KEKUATAN DALAM PERSEKUTUAN

KEKUATAN DALAM PERSEKUTUAN 

5:12 Dan oleh rasul-rasul diadakan banyak tanda dan mujizat  di antara orang banyak. Semua orang percaya selalu berkumpul  di Serambi Salomo dalam persekutuan yang erat. 5:13 Orang-orang lain tidak ada yang berani menggabungkan diri kepada mereka. Namun mereka sangat dihormati orang banyak  5:14 Dan makin lama makin bertambahlah jumlah  orang yang percaya kepada Tuhan, baik laki-laki maupun perempuan, 5:15 bahkan mereka membawa orang-orang sakit ke luar, ke jalan raya, dan membaringkannya di atas balai-balai dan tilam, supaya, apabila Petrus lewat  setidak-tidaknya bayangannya mengenai salah seorang dari mereka. 5:16 Dan juga orang banyak dari kota-kota di sekitar Yerusalem datang berduyun-duyun serta membawa orang-orang yang sakit dan orang-orang yang diganggu roh jahat. Dan mereka semua disembuhkan (Kis 5:12-16)

GPM (3)PENDAHULUAN: Paska Perayaan Pentakosta, Roh Kudus bekerja dengan luar biasa melalui pelayanan Para Rasul dan orang-orang percaya pada saat itu. Namun, dahsyatnya pekerjaan Kuasa Roh Kudus, iblis pun bekerja untuk menggagalkan rencana Tuhan. Meskipun tantangan begitu luar biasa, tetapi mereka tetap mengadakan persekutuan dengan Tuhan. Dalam Kis 2:42: Mereka bertekun dalam pengajaran Rasul-rasul. Dengan bertekun dan sehati berkumpul tiap-tiap hari di bait Allah (Kis 2:46). Kekuatan dalam persekutuan bagaikan Rambut diikat, kepalan tangan dan ikatan sapu lidi.

Apakah Kekuatan dalam Persekutuan?

  1. Hidupnya Akan berkualitas (ay 13). Berkualitas (kbbi) ialah: baik, bermutu. Artinya dalam persekutuan hidup kita akan semakin baik atau bermutu. “….Mereka sangat dihormati orang banyak…”. Mereka dihormati karena ada kualitas. Kualitas menjadikan seseorang dihormati bukan karena usia, strata sosial atau faktor lainnya secara finansial. Yesus pun berkualitas. Yesus semakin dikasihi Allah dan manusia (Lukas 2:52), dan Samuel semakin disukai Tuhan dan manusia (1 samuel 2:26).
  2. Hidupnya akan mengalami pertumbuhan (Berkuantitas). (ay 14). : ” Dan makin lama makin bertambah jumlah orang yang percaya kepada Tuhan…“. Persekutuan dengan Tuhan menjadikan jumlah orang percaya bertambah-tambah. Ketika kita menjaga eksistensi persekutuan dengan Tuhan akan semakin bertumbuh atau berkuantitas. Baik Pengetahuan Firman Tuhan, Ekonomi akan bertambah-tambah.
  3. Hidupnya mengalami kuasa untuk melakukan Mujizat (Ay 15-16). “…Setidak-tidaknya bayangannya mengenai salah seorang dari emreka..”. Petrus dan murid-murid yang lainnya berkuasa sehingga berdampak bagi orang lain. Bayangan Petrus dapat menyembuhkan sakit penyakit. Dan dalam ayat 16 dikatakan mereka semua sembuh.

PENUTUP: Saudaraku, jangan menjauhkan diri dari pertemuan Ibadah (Ibrani 10:25). Dalam Ibadah kita melakukan persekutuan dengan Tuhan dan sesama. saling menguatkan, mendoakan dan saling membangun di dalam Ibadah. Sebab Ibadah Itu mengandung janji baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang (1 Timotius 4:8).

Dokumentasi: Minggu, 31 Juni 2019 (Gereja Pentakosta Mangseng-Bekasi Utara)

GPM (1) GPM (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*