PENGORBANAN YANG MENYELAMATKAN

PENGORBANAN YANG MENYELAMATKAN (Roma 5:8-10)

  • 5:8 Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa5:9 Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan  oleh darah-Nya,  kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah. 5:10 Sebab jikalau kita, ketika masih seteru,  diperdamaikan   dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya (Roma 5:8-10)

jumat agungA. PENDAHULUAN: Tuhan Yesus membuktikan kasih-Nya kepada manusia ketika manusia masih berdosa, dengan darahNya tercurah di Kayu Salib. Pengorbanan Yesus sungguh sempurna, sebab Ia telah memperdamaikan kita dengan Allah, sesama dan diri sendiri.Mengapa Yesus berkorban? atau mengapa harus mati dengan mencurahkan darahNya? Berikut kita melihat dasar Alkitab:

1. Perjanjian Lama

  • Keluaran12:5: Anak dombamu itu harus jantan, tidak bercela,  berumur setahun; kamu boleh ambil domba atau kambing. (12:7) Kemudian dari darahnya  haruslah diambil sedikit dan dibubuhkan pada kedua tiang pintu dan pada ambang atas, pada rumah-rumah di mana orang memakannya.
  • Firman ini terjadi pada saat tulah di Mesir, atau kematian anak sulung. Namun, darah domba yang tak bercatat dapat menyelamatkan baik anak sulung manusia maupun anak sulung binatang.
  • IBRANI 9:22: “Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darahdan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan.

2. Perjanjian baru

  • 1 Kor 5:7: (Paulus): “Buanglah ragi yang lama itu, supaya kamu menjadi adonan yang baru, sebab kamu memang tidak beragi. Sebab anak domba Paskah kita juga telah disembelih, yaitu Kristus.
  • 1 Petrus 1:18-19: (Petrus): Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu  yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas1:19 melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus  yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.
  • Yohanes 1:29: (Yohanes) Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: “Lihatlah Anak domba Allah yang menghapus dosa dunia.

B. Apa Misi Pengorbanan Yesus, mati di kayu salib?

  1. Misi Penyelamatan
  • Lukas 19: 10: “Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang
  • Roma 3: 23: “Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah.
  • Kejadian 3:9-10: “….Dimanakah engkau?”
  • Mengapa Allah mencari Adam? Karena dia telah Hamartia (Meleset dari standar Allah).
  • Apa Akibat dari Rohani yang bergeser? Ketakutan! (Kejadia 3:10)

2. Misi Perdamaian

  • 2 Korintus 5:18: “Dan semuanya ini dari Allah,  yang dengan perantaraan Kristus  telah mendamaikan kita dengan diri-Nya dan yang telah mempercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kami.
  • Memperdamaikan kita: Baik secara Teologis (hubungan Manusia dengan Allah), Sosiologis (Hubungan manusia dengan sesama), maupun psikologis (Hubungan kita dengan pribadi).
  1. Misi Pemulihan
  • Pemulihan dari kekecewaan: Lukas 24:21: “Padahal kami dahulu mengharapkan, bahwa Dialah yang datang untuk membebaskan bangsa Israel.  Tetapi sementara itu telah lewat tiga hari, sejak semuanya itu terjadi.
  • Pemulihan dari Keragu-raguan: Yohanes 20:27:”Kemudian Ia berkata kepada Tomas: “Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah.
  • Pemulihan untuk memurnikah motivasi. Yohanes 21:15: Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku 1 lebih dari pada mereka ini?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau. ” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.

PENUTUP: Yesus telah bangkit dan kalahkan maut. Dia menang atas dosa. Yesus lakukan semuanya hanya untuk kita: Agar kita diselamatkan, kita diperdamaikan, kita dipulihkan (dari kekecewaan, keragu-raguan, motivasi yang tidak benar). Tuhan yesus memberkati dan Selamat merayakan jumat Agung 2021. GBU

Materi bisa di download: Pengorbanan Yang Menyelamatkan-Jumat Agung

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*