KASIH MENUTUPI DOSA (1 Petrus 4:8)

KASIH MENUTUPI DOSA (1 Petrus 4:8)

2021 (3) PENDAHULUAN:

  • 1 Petrus 4:8: Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguhseorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa (TB)
  • 1 Petrus 4:8: Lebih daripada segala-galanya, hendaklah kalian sungguh-sungguh mengasihi satu sama lain, sebab dengan saling mengasihi kalian akan bersedia juga untuk saling mengampuni. (BIS)
  • Amsal 10:12: Kebencian menimbulkan pertengkaran, tetapi kasih menutupi segala pelanggaran.
  • 1 Korintus 13:7: “Ia menutupi segala sesuatu…”

APA MAKSUDNYA KASIH MENUTUPI DOSA?

  1. KASIH BUKAN MENUTUP-NUTUPI DOSA

Kasih menutupi dosa berbeda dengan kasih menutup-nutupi dosa. Jangan mengira jika kita dan teman kita saling menutupi dosa satu sama lain itu artinya kita mengasihi dia. Tetapi yang benar ialah ketika orang sudah jelas kita ketahui bersalah, sebaiknya kita berani menegor dan mengatakan bahwa dia salah.

  1. KASIH TIDAK FOKUS KEPADA KESALAHAN

Adapun kesalahan Petrus menyangkal Yesus menjelang peristiwa penyalibanNya dan ia kembali menjadi nelayan. Namun, kasih  Yesus  kepada Petrus membuat Petrus kembali ke jalan Tuhan. Kasih Yesus membuatnya tidak fokus kepada dosa, kekurangan, atau kesalahan Petrus, melainkan kepada pribadi dari orangnya.

  1. KASIH HARUS MENGAMPUNI.

Matius 6:12: “Dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami”. Markus 11:25-26 : Jika kita bersiap untuk berdoa, ampunilah dahulu jika ada sesuatu dalam hati kita terhadap seseorang.

PENUTUP

1 Yohanes 4:7-8: Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.

Pdt. Dr. Freddy Siagian, M,Th.,M.M.

KOTBAH POWER POIN: (silahkan download)

KASIH MENUTUPI DOSA

Gereja Pentakosta Mangseng Bekasi

Minggu, 27 Juni 2021

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*