Mengampuni Itu Indah

MENGAMPUNI ITU INDAH

WhatsApp Image 2021-09-06 at 20.29.08LUKAS 15:18 Aku akan bangkit dan pergi kepada bapaku dan berkata kepadanya: Bapa, aku telah berdosa  terhadap sorga dan terhadap bapa, 15:19 aku tidak layak lagi disebutkan anak bapa; jadikanlah aku sebagai salah seorang upahan bapa. 15:20 Maka bangkitlah ia dan pergi kepada bapanya. Ketika ia masih jauh, ayahnya telah melihatnya, lalu tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ayahnya itu berlari mendapatkan dia lalu merangkul dan mencium dia. 15:21 Kata anak itu kepadanya: Bapa, aku telah berdosa terhadap sorga dan terhadap bapa,  aku tidak layak lagi disebutkan anak bapa. 15:22 Tetapi ayah itu berkata kepada hamba-hambanya: Lekaslah bawa ke mari jubah  yang terbaik, pakaikanlah itu kepadanya dan kenakanlah cincin pada jarinya  dan sepatu pada kakinya. 15:23 Dan ambillah anak lembu tambun itu, sembelihlah dia dan marilah kita makan dan bersukacita.15:24 Sebab anakku ini telah mati dan menjadi hidup kembali,  ia telah hilang  dan didapat kembali. Maka mulailah mereka bersukaria.

Pendahuluan: Mengampuni (kbbi) ialah memberi ampun atau memaafkan, atau membebaskan tuntutan karena melakukan kesalahan ataupun kekeliruan. Mengampuni itu indah artinya memberikan maafkan kesalahan orang lain itu dapat memberikan kesejukan bagi hati kita. Sebab dengan mengampuni kita telah melakukan firmanNya.

Mengapa kita harus mengampuni?

  1. Mengampuni ialah perintah Tuhan.Kolose 3:13 “Sabarlah kamu seorang  terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu,  kamu perbuat jugalah demikian”. Tuhan yang memerintahkan kita untuk mengampuni. Jika Tuhan yang memerintahkan, maka harus dilakukan. Tentunya perintah jika diabaikan ada konsekuensinya. Dan sebaliknya, jika perintah dilakukan ada juga imbalannya.
  2. Karena kita telah menerima Pengampunan.Efesus 4:32: “Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu. Tuhan telah mengampuni kita, dengan mengorbankan Anak-Nya Yesus Kristus mati di atas karu salib. Sebagai orang yang diampuni dosanya, kita juga harus mengampuni orang yang bersalah dengan kita. Masih ingatkah anda, perumpamaan tentang pengampunan dalam Matius 18:21-35. Dimana sangat jelas, konsekuensi bagi orang yang telah diampuni dosanya oleh seorang raja, tetapi ornag tersebut tidak mau mengampuni orang lain.
  3. Karena ketika tidak mengampuni, tidak memiliki hidup yang kekal. 1 Yohanes 3:15: “Setiap orang yang membenci saudaranya,   adalah seorang pembunuh  manusia. Dan kamu tahu, bahwa tidak ada seorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal  di dalam dirinya. Hidup kekal (eternal life) menjadi tujuan hidup kita. Namun, konsekuensi dari yang tidak mau mengampuni, ialah tidak memiliki hidup kekal di dalam dirinya. Ironisnya, Firman Tuhan katakan bahwa apabila kita tidak mengampuni, maka kita dikategorikan dengan pembunuh manusia.
  4. Karena jika tidak mengampuni, maka tidak akan merasakan kenikmatan.Ayub 5:2 : “Sesungguhnya, orang bodoh dibunuh oleh sakit hati, dan orang bebal dimatikan oleh iri hati.Ayub 21:25: “Yang lain mati dengan sakit hati, dengan tidak pernah merasakan kenikmatan.Anda boleh sukses dalam hal materi atau finansial, namun tidak bisa menikmati apa yang anda miliki. Coba banyangkan orang yang memiliki banyak harta, tetapi tidak bisa menikmati uangnya karena sakit penyakit sehingga mengakibatkan tidka diperbolehkan memakan makanan yang enak.

Bagaimana Caranya Untuk dapat Mengampuni?

  1. Minta Tuhan Yang Memampukan.Lukas 23:34: “ Yesus berkata: “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat. “. Ya Bapa, artinya seruan Yesus kepada Bapa, agar memampukan Dia dari sisi manusia untuk dapat mengampuni orang yang melakukan kekejian sebelum penyalibanNya.
  2. Mempunyai Roh Pengertian. Lukas 23:34:Yesus berkata: “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat. ” Ungkapan sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat ialah suatu ungkapan adanya roh pengertian dari Yesus terhadap kesalahan orang tersebut. Jika kita mendapatkan perlakuan yang tidak seharusnya kita tanggung, maka kita harus mmeinta roh pengertian bahwa sesungguhnya dia melakukan itu tanpa pengertian yang benar terhadap anda.PENUTUP: Yesus berkata, “Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.” Matius 6:14-15

    Pdt. Dr. Freddy Siagian, M.Th.,M.M.

    Download ppt: MENGAMPUNI Itu Indah

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*